Dota 2

I’m playing Dota since my old friend on high school, introduce me about the game that always made a player, want to win, exploring item and skill effect, becoming support player, or rampaging by kill 5 other player on opponent side.

It was start on 2007, I can play Dota on Warcraft game application (under Blizzard). The hero character was same like character on warcraft game, but the game is more simple. You just play one hero and Read the rest of this entry

Cerita : Perjalanan Januari 2015

Perjalanan ini mengarahkan saya menuju purwakarta, sekitaran daerah Gunung Hejo. Saya bersama team SC beranggotakan Koh Budi, Uda Wahyu, Izul, Pak Riko dan rekan alumni SC meluncur dari tempat kami di Jakarta menuju villa yang sudah dibook oleh Uda Wahyu sebelumnya. Cukup dadakan pergi ke tempat ini mengingat rencana sebelumnya mau ke daerah Pelabuhan Ratu, yang mengakibatkan terjadinya insiden mengerikan ditengah perjalanan, namun syukurnya dapat  dituntaskan segera.

Sesampainya di Purwakarta sudah lewat tengah malam. 3 buah mobil yang team gunakan mulai mengelilingi jalanan gelap yang naik turun dengan bukit dan hutan disekeliling. Beberapa rumah penduduk mulai terlihat yang akhirnya mengarahkan kami ke satu villa yang terbilang punya desain antik. Kami berhenti dan mulai menurunkan barang satu persatu dari mobil. Lumayan lelah malam ini, namun belum bisa langsung tidur karena perut masih kosong dan ayam yang sudah dibumbui menunggu untuk dibakar.

Pembakaran ayam dan jagung pun dimulai dengan bahan kecap, mentega, panggangan dan arang. Minyak tanah yang kelupaan dibeli, tergantikan dengan alkohol secukupnya yang saya bawa untuk bersihkan luka hasil tragedi 24 Desember 2014 di tangan kiri saya. Setelah kenyang, rekan team mulai bersih-bersih dan istirahat kira-kira pada pukul 03.00. Laki-laki tidur berkumpul di ruang tamu yang besar, sementara perempuan tidur di satu dari beberapa kamar yang kosong.

Desain villa yang dikuasai warna coklat dan merah pada tembok dengan anyaman bambu beserta lukisan keluarga pemilik villa dan serangga yang diawetkan cukup membuat kesan horror bagi Read the rest of this entry

Power On Reset

Fungsi yang me-reset IC secara internal ketika power sedang menyala. Sistem POR memastikan bahwa mikroprosesor ataupun mikrokontroler akan mulai pada kondisi yang sama setiap kali mulai menyala.Desain sirkuit POR yang baik akan memastikan bahwa saat daya diberikan ke komputer, startup-nya akan berjalan lancar / tepat, dan tidak akan terjadi freeze seperti contohnya no display / mati total yang membuat pengguna jadi frustasi.

POR dapat berada pada chip utama. Kebanyakan sistem POR dasar, meliputi resistor dan kapasitor yang saling terhubung dengan nilai yang disesuaikan. Ketika daya diberikan, kapasitor membutuhkan waktu yang konstan untuknya mengisi.  Pada penggunaan komputer, komponen tambahan diperlukan, termasuk sirkuit yang dinamakan schmitt trigger. Ketika sirkuit POR dirancang, waktu pengisian harus disesuaikan dengan trial dan error, sehingga sirkuit prosesor atau kontroler dapat mengatur nilai inisial yang tepat sebelum komputer berfungsi.

Ketika suatu waktu terjadi intermittent problem pada sirkuit POR, maka POR tidak akan berjalan sehingga menyebabkan komputer freeze / no display / mati total. Hal ini memaksa teknisi, untuk melakukan reset manual dengan mencabut baterai detachable maupun internal, yang dilanjutkan dengan tradisi melepas RAM, baterai BIOS, dan menekan tombol power tanpa ada daya masuk selama beberapa detik (buang muatan), yang kemudian dilanjutkan dengan memberikan power dengan adaptor (tanpa baterai tersambung) lalu menekan kembali tombol power, dan BOOMM, komputer kembali menyala (biasanya).

Referensi :

http://whatis.techtarget.com/definition/power-on-reset-PoR

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

Pollock of Light

Twitter: @lluisbusse

Slate Agency

Talent Search

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer