10 Tips Merawat Kucing Flu

Kucing saya, Kendi, sempat menderita flu kucing selama hampir sebulan. Kondisinya sangat memprihatinkan, hidung ingusan, mata belekkan, dan nafsu makan berkurang. Hal tersebut membuat tubuhnya semakin kurus. Belum jelas apakah penyakit ini ditularkan oleh virus atau bakteri. Perawatan telaten dan hiburan yang cukup dapat menyembuhkan penyakit ini serta memulihkan kondisinya tanpa dibawa ke dokter hewan / veterinary. Untuk mengembalikan tubuh kurusnya menjadi kondisi gemuk kembali saya masih belum berhasil, tapi mungkin perlu waktu lebih untuk itu.

Berikut ini adalah cara merawat sendiri kucing yang terkena penyakit flu versi saya:

  1. Jangan sering-sering dimandikan. Mandikan kucing sakit apabila nafsu makannya mulai kembali rakus, kondisi tubuhnya terlihat fit, atau baunya sedang tidak sedap, paling tidak seminggu sekali.
  2. Jemur kucing tiap jam 8 – 9 pagi selama kurang lebih 10 menit. Paparan sinar matahari pagi dapat membantu membunuh bakteri atau kuman-kuman. Kucing yang flu akan bersin-bersin apabila terkena paparan sinar matahari, maka biarkan hal tersebut. Lap ingus yang meleleh/keluar/discharge dalam proses penjemuran kucing ini.
  3. Selalu membersihkan kotoran baik ingus ataupun belek pada kucing. Gunakan tisu atau cotton bud. Tisu dapat diberi air hangat atau baby oil untuk membersihkan ingus atau belek yang terlanjur berkerak.
  4. Suplai terus gel bervitamin (Nutrigel) kalau susah makan. Jejali gel pakai jari sambil menahan mulut dan leher kucing dengan lembut agar tidak kabur.
  5. Jejali makanan kalau sudah terpaksa agar masuk ke dalam mulutnya. Gunakan teori pemancingan dengan air rebusan ikan atau ayam (kaldu ikan atau kaldu ayam). Setelah air rebusan diminum, biasanya si kucing akhirnya mau makan ikan atau ayamnya juga.
  6. Sering dielus dan disayang-sayang minimal sejam sekali.
  7. Pada kondisi terlemah, biasanya kucing bisa kencing atau berak di lantai / sejenis kain / plastik sembarangan.  Bersihkan dengan ikhlas. Lap dan tuangkan disinfectant serta pengharum ruangan. Sentil kucing sekali atau maksimal tiga kali pada telinganya. Setelah itu sayang-sayang lagi.
  8. Saya sarankan jangan dikasih antibiotik atau obat flu manusia. Kalau sudah urusan obat tanyakan pada ahlinya. Penggunaan madu, currcuma, minyak ikan, dan gula merah, dapat digunakan untuk membantu efek gel dalam memulihkan kondisi.
  9. Jangan ganggu tidurnya. Kalau terpaksa membangunkan karena membersihkan ingusnya yang meler, lakukan tiap sejam sekali. Selimuti kucing dan taruh ditempat hangat. Gunakan bantuan lampu incandescent (Pijar/bohlam) atau fluorescent (Neon/CFL) untuk menghangatkan suhu sekitar kucing. Jangan gunakan lampu LED karena kurang ampuh (disipasi panasnya kurang).
  10. Ajak makan bareng saudaranya agar tercipta situasi berebutan makanan. Kondisi kompetisi makan ini bisa membuat nafsu makannya jadi rakus (kalau sudah mulai pulih).

Lakukan terus sampai ingus kucing (ingus berwarna kuning) sudah tidak keluar, nafasnya sudah lancar, dan gerakannya terhadap makanan sangat gesit dan rakus. Mudah-mudahan versi saya merawat kucing sakit flu ini bisa jadi referensi bagi yang membutuhkan. (Dimas)

Advertisements

About Dimas

study at

Posted on August 16, 2014, in Pengalaman lain and tagged , , . Bookmark the permalink. 18 Comments.

  1. Cara ngasih makan madu sama gula merah nya gimana

    Like

    • Bisa pakai pipet, kalau tidak ada, pakai sendok plastik kecil, lalu buka mulut si kucing pakai tangan satunya lagi. Kalau masih susah, jejalkan pakai tangan, masukkan ke mulut kucing.

      Thanks

      Like

  2. kucingku juga ada bersin2 dan pilek selama sebulan..
    segala macem udh dicoba, dari pmberian makanan yg bergizi, vitamin tmbahan kyk nutrigel,madu,kuning telur, dan udh dikasih tmpat hangat..
    tapi ttp aja masih pilek+bersin2..tapi dia gak lemes sih,masih suka main..’mnurut admin gmna ya spya smbuh?
    suka kasian kalo lg bersin2 kyknya susah bnget napasnya

    Like

  3. Saya sangat sedih kucingku sdh 6 mati akibat sakit yg tdk aku tahu itu apa. Awalnya mata belekan dr hidung keluar ingus dan dr mulut jg. Td pagi msh sngt ceria tiba2 langsung lemah dan tertunduk akhirnya mati yang msh berumur 2 bln. Skrg induknya masih dalam perawatan dan 3 kucing lainnya yg sdh besar . miris hati bila mengingatnya. Aku tdk berdaya aku cari drh ada cuma 1 tp itupun sombong . jd saya rawat sendiri aja.

    Like

  4. Sy mengalami jg merawat kucing yg flu,sakit mata d . Mencret dari bbrp pengalaman ini ada satu hal yg buat sy berkesan yakni kasih sayang dan elusan sepenuh hati trus cukupi makanan nya dg izin Allah smg disembuhkan..😀

    Like

  5. Kucing sy soalnya belekan, tp skg mulai ad ingusny di hidung.. Takut knp2.. Pup ny masih baik sih, nafsu makan masih sama. Trus jd pup sm kencing sembarangan…

    Like

  6. udah aku bikinin kaldu ikan tapi dia gamau. Terus aku paksa makan kuning telur mentah+madu tapi cuma masuk ke mulutnya dikit. dia gamau makan apa apa, tapi dia minum air putih, mulutnya bau, obat sariawan buat kucing apa ya?

    Like

  7. kucing saya idungnya tersumbat, jadi bernafas lewat mulut. Kalo aku kasih pure kids inhalant boleh nggak ya? komposisinya nggak ada kampernya

    Like

    • Kalau dulu pas kucing saya flu dan ingusan, saya seka pakai tisu / lap yang dibasahi air hangat. Bersihin sampe bersih, nanti kucingnya bersin dan keluar lagi ingusnya. Bersihin lagi. Lebih ampuh daripada dikasih inhalant.

      Like

  8. Aku pulkam.kucing titip d petshop 8 hari,masuk seger sehat,pas kuambil murung..bersin2..malas makan..bo2 mulu
    Apa yg hrs aku lakukan? 😦

    Like

  9. Kaget kucingnya. Beda suasana, beda yang ngerawat. 8 hari lho. Tanyain petshopnya, kok si kucing jadi begitu. Langsung bawa ke vet, buat dicek.

    Like

  10. Kucing saya asyik muntah lendir kuning saja dng kerap. Dia jg tidak mahu mkn,sudah 3 hari tidak mkn hanya minum air sahaja. Apa masalah kucing saya dan tolong berikan saya beberapa tips untuk menyembuhkan kucing saya tanpa pergi jumpa doktor haiwan. Terima kasih.

    Like

    • Kucing anda muntah lendir kuning, tidak makan, dan hanya minum air. Kebanyakan, ada masalah pencernaan yang bisa disebabkan virus. Jejali dia makanan langsung dari tangan anda, paksa masuk. Harus ada makanan yang masuk. Makanan kucingnya yang basah, buat seperti gumpalan kecil sebesar kelereng. Beri dia gel bervitamin untuk merangsang nafsu makan.

      Like

  11. Kucing saya udh 4 hr flu, dan 4 hari juga ngak pup. Ini bahaya gak ya kira kira?
    Terus flunya ini biasa brp lama baru bisa sembuh totalnya?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

Pollock of Light

Twitter: @lluisbusse

Slate Agency

Talent Search

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

%d bloggers like this: