Sebuah Linux di Komputer Saya

Selain menggunakan sistem operasi Windows yaitu Windows 7, saya juga menggunakan sistem operasi Linux di desktop dan laptop saya (Dual Boot). Distro Linux yang digunakan adalah Linux Ubuntu 12.04 dengan codename Precise Pangolin. Ubuntu 12.04 ini merupakan versi LTS (Long Term Support) yang maksud dalam bahasa Indonesianya adalah dukungan jangka panjang, yang dirilis 2 tahun sekali.
Memerlukan konfigurasi dan penginstalan yang cukup banyak saat menggunakan distro ini. Seperti konfigurasi grafis NVIDIA, plug-in untuk menyetel MP3 serta format video, dan lain sebagainya. Setelah konfigurasi-konfigurasi dasar telah dilakukan maka akan tercipta display yang cukup ciamik yaitu sebuah tampilan desktop bernama Unity.

Tampilan desktop ubuntu saya dengan GNOME 3
Unity merupakan tampilan standar untuk 12.04 yang baru diinstall. Tampilan unity ini sudah menjadi tampilan standar sejak Ubuntu 11.04. Sebenarnya tampilan untuk Ubuntu 12.04 bukan hanya Unity saja. Masih banyak tampilan desktop seperti GNOME dan XBMC.
Ubuntu menyediakan banyak software open source yang sangat banyak, yang dapat kita download dan install dengan mudah menggunakan software bawaan yaitu Ubuntu Software Center (jadi mengurangi pengetahuan tentang penggunaan terminal atau synaptics).
Banyak software Windows yang mempunyai fungsi sama dengan software-software di linux, screenshot di bawah ini adalah screenshoot komputer saya, yaitu :
  • Adobe Photoshop (win) : Gimp (lin)
CI
Aplikasi Adobe Photoshop
  • Adobe Illustrator / Corel Draw (win) : Inkscape (lin)
Aplikasi Adobe Illustrator
  • Microsoft Visual Studio (win) : QT Creator (lin), MonoDevelop (lin)
MonoDevelop

MonoDevelop di Linux, mirip Microsoft Visual Studio

  • Aplikasi QT Creator
  • Matlab (win) : QTOctave (lin), Scilab (lin)\
QtOctave

QtOctave

Aplikasi Scilab
  • Autodesk 3d’s Max (win) : Blender (lin)
Aplikasi Blender
  • Altium / Dip Trace / Express PCB (win) : Eagle (lin)
Lucky Seven saya

Lucky Seven saya

Aplikasi Altium Designer
Aplikasi Eagle di Linux
  • Microsoft Research World Wide Telescope : Stellarium / Celestia (lin)
 

Aplikasi Celestia di Windows (Crossed)

  • IDLE, Arduino IDE, iPhyton, Spyder (linux)
untuk pemrograman Python

untuk pemrograman Python

Arduino untuk .ino (pemrograman modul board arduino)

Arduino untuk .ino (pemrograman modul board arduino)

Untuk Py (Python)

Untuk Py (Python)

  • dll
Kebanyakan software open source pada Linux Ubuntu 12.04 tersebut bersifat cross platform yang artinya dapat berjalan di platform selain Linux, misalnya aplikasi Inkscape atau Blender dapat berjalan di platform Windows atau Mac. Yang lebih gilanya lagi QT Creator untuk membuat aplikasi cross platform yang dapat terintegrasi dengan SQL Workbench dan Eclipse, juga merupakan aplikasi cross platform. Jadi kesimpulannya software-software open source ini bisa digunakan bagi lembaga-lembaga pendidikan atau kursus yang tidak ingin menggunakan software dengan crack atau bajakan. Masa lembaga pendidikan terkenal pakai software bajakan alias gak modal. Itu suatu cara mendidik yang tidak baik dan bisa jadi kebiasaan yang melekat pada pendidikan di Indonesia.
Kelebihan lain dari sistem operasi Linux saya ini adalah tidak pernah terinfeksi virus, padahal tidak ada antivirusnya (beda dengan Windows saya, yang dapat bertahan dari virus, karena ada Microsoft Security Essentials asli berkat adanya MSDNAA :-D). OS Linux dapat membuka sebuah file virus yang terdapat pada removable drive dan directory pada OS windows (Jika menggunakan Dual Boot) lalu diacak-acak kodingan virusnya. Atau kalau mau langsung dihapus juga bisa. Tidak usah takut terinfeksi virus tersebut karena kebanyakan virus gak doyan menginfeksi OS yang freedom (bukan gratisan) seperti Linux.
Bagi yang ingin mencoba dual boot OS atau multi boot OS dengan Linux silahkan. Toh, kelebihannya banyak, seperti bisa saling mem-backup apabila salah satu terjadi crash atau untuk menghilangkan kejenuhan melihat tampilan OS yang begitu-begitu saja.
CMIIW
Thanks
Advertisements

Posted on July 8, 2012, in Linux, Sistem Operasi and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. lam kenal gan… ane pengguna baru linux 12.04 dgn dual boot. gimana tuk mempercantik tampilan desktop. ane pake laptop compaq v3000. masih belum tau banyak soal linux neh… mohon pencerahannya. thankz

    Like

  2. Salam kenal gan. 😀
    Buat mempercantik tampilan linux ubuntu 12.04 banyak caranya gan. Kalo cara saya.

    1. Instal graphics driver laptop agan. Biar pas dan lebih asik. Baik intel atau nvidia driver (bisa pake terminal atau ubuntu software center)
    2. Instal aplikasi tambahan seperti cairo dock, compiz config, dll. Bisa search di ubuntu SC. (hati-hati sama settingan di compiz, karena 12.04 mengusung desktop unity, biasanya seting compiz yang maksain bikin crash)
    3. Ganti unity dengan gnome 3. ane jamin bener-bener ga nyesel pake gnome 3. Cara installnya cukup ketik “install gnome 3” di google. Nanti dikasih tau deh instruksi-instruksi untuk di jalanin di Terminal.

    Pengetahuan ane tentang linux juga masih dikit. Sama-sama belajar gan. Thanks komentarnya ya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

Pollock of Light

Twitter: @lluisbusse

Slate Agency

Talent Search

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

%d bloggers like this: