Graphic Problem Occurred After Upgrading Ubuntu From 13.10 to 14.04

Upgrade rutin untuk mendapatkan Ubuntu 14.04 Thrusty Tahr telah berubah menjadi bencana. Setelah menunggu proses pengunduhan dan instalasi, waktu reboot pun tiba. Masuk menuju tampilan log-in masih terasa normal, namun setelah masuk ke desktop mulai terlihat ada kesalahan dengan sistem. Kesalahan ini berupa tidak munculnya desktop environment berupa panel dan icon. Hanya wallpaper dan pointer mouse saja yang muncul.

Kasus tidak munculnya DE dengan benar ini merupakan masalah grafis yang berhubungan dengan driver grafis. Apabila terpasang driver NVIDIA, maka tidak perlu khawatir dengan hardware dan instalasi upgrade OS yang salah (sama seperti kasus saya). Fokuskan masalah ini terlebih dahulu ke driver grafis. Hal yang harus dilakukan adalah :

  1. Masuk ke console (tty1 – tty6, terserah)
  2. sudo apt-get update
  3. sudo apt-get install –reinstall ubuntu desktop
  4. sudo apt-get remove –purge nvidia*
  5. sudo reboot

Inti dari langkah tersebut adalah menghapus dan membersihkan semua yang berhubungan dengan NVIDIA  driver. Tumpang tindih driver, ketidaksesuaian versi NVIDIA, ketidaklengkapan paket dan instalasi, serta kasus lainnya dapat membuat desktop bermasalah. Apabila tetap nekat tidak mau menghapus NVIDIA ini, maka dari pengalaman yang saya alami, DE tetap tidak akan muncul atau muncul tetapi dengan resolusi hanya 640×480.

Pembersihan NVIDIA tersebut terbukti mampu mengatasi masalah grafis. Nouveau driver akan mengambil alih fungsi driver untuk kartu grafis NVIDIA. OS ubuntu 14.04 langsung dapat dinikmati setelah proses rebooting dan login dengan munculnya DE dalam resolusi yang lazim digunakan.

Kesimpulan dari artikel ini adalah, Nouveau driver digunakan untuk menggantikan NVIDIA driver untuk menghentikan masalah grafis yang terjadi pada Ubuntu yang baru diupgrade. (Dimas)

Advertisements

About Dimas

study at

Posted on August 16, 2014, in Linux, Sistem Operasi and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

Pollock of Light

Twitter: @lluisbusse

Slate Agency

Talent Search

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

%d bloggers like this: