Tanda-Tanda Distemper Kucing

Saya pelihara kucing liar dewasa jantan keren dan berkelakuan yang baik walau galak, tapi sekarang kucing itu sudah mati (20 Agustus 2013) terkena distemper kucing. Gejala-gejala penyakit ini sudah dapat dilihat sendiri tanpa perlu diperiksa dokter. Alih-alih ingin irit duit tanpa perlu dibawa ke dokter dengan memberikan gel ber-vitamin dan nutrisi pengganti makanan, akhirnya kucing ini tetap mati. Merasa menyesal karena tahu tanda-tanda dan bahayanya penyakit ini ketika si meong sudah dikubur tanpa sebelumnya dibawa ke dokter.

Berikut adalah tanda-tanda dan kelakuan kucing saya yang terserang distemper tahap awal yang bisa dilihat :

  1. Tidur dekat air minumnya, di kolong meja, lemari, di lantai, di dekat aliran air dan lembab seperti dapur dan kamar mandi
  2. Minumnya banyak sekali, kalau diperhatikan, kucing tersebut terkadang diam dengan kepala atau mulut diwadah minumnya
  3. Mulai keluyuran tidak jelas dan ngumpat, jarang nongkrong dan cari perhatian lagi dengan keluarganya (pemilik)

Berikut adalah tanda-tanda kelakuan kucing saya, tahap menengah distemper :

  1. Mulai muntah gak jelas, semakin lama muntahnya semakin sering
  2. Muntah darah kental, terkadang ada cacingnya di muntah biasa (komplikasi cacingan mungkin)
  3. Raut mukanya stress dan sedih
  4. Mulai sering duduk dengan kaki berlipat dibawah badan, bukan disampingnya, sehingga posisi duduk membuatnya seperti duduk tegap

Berikut tanda-tanda tahap awas kucing terserang distemper :

  1. Kehilangan nafsu makan, walaupun itu makanan enak sekalipun. Seperti ngambek.
  2. Sudah tidak mau makan dan minum sama sekali
  3. Badan berangsur menipis dan kurus
  4. Lunglai, lesu, sempoyongan
  5. Bulu mulai jelek, tidak halus, dan sudah tidak bisa mandi kucing
  6. Tidurnya sudah tidak enak dipandang mata lagi, melihatnya bikin sedih, posisi dagu kadang-kadang seperti dikenain ke lantai atau kasur.

Kalau sudah mengalami kondisi tersebut ada baiknya langsung bawa ke dokter kalau tidak mau kehilangan kucing kesayangan kita (jangan pelit). Mulai beliin vitamin dan gel pengganti makanan bernutrisi. Cekoki pelan-pelan dalam kondisi santai dan telentang kalau sudah tidak mau makan sama sekali.

Berikut adalah tanda-tanda tahap harapan sudah kecil untuk terus hidup :

  1. Sudah tidak ada gairah, jalan merangkak, sempoyongan, belekan banyak (kotoran mata)
  2. Pas dikasih makan seperti nangis, keluar air mata
  3. Mulai mendekati pemiliknya (keluarga satu persatu) untuk tidur di dekatnya. Sesakit apapun, kalau sudah sayang dengan pemiliknya, kucing pun sekuat tenaga berusaha mendekati pemiliknya untuk terakhr kali
  4. Mulai tenang, saat dipanggil nama atau “pusss” sudah tidak ada respon
  5. Perhatikan saat-saat malam atau menjelang pagi dimana manusia biasanya masih lelap tidur. Kucing bisa menghadapi maut saat keluarganya sedang dalam posisi tidak tahu. Kucing pintar yang mengerti pemiliknya sayang sama dia, tidak mau kelihatan ketika ajal menjemputnya (lho!)

Daripada nyiapin galian kubur dan memendam sedih pas mandiin jasad kucing, maka lebih baik dicegah dengan vaksinasi dan menjaga makanannya, serta kalau sudah sayang lebih baik di karantina aja, jangan sampai main ke tempat kotor dan sampah-sampah. Penyakit ini menular untuk kucing lain tapi tidak ke manusia.

Advertisements

Posted on September 9, 2013, in Pengalaman lain and tagged , , . Bookmark the permalink. 14 Comments.

  1. Hi webmaster do you need unlimited content for your page ?
    What if you could copy content from other sites,
    make it pass copyscape test and publish on your page – i know the right tool for you, just search
    in google:
    luiqight’s article tool

    Like

  2. artikel yg sgt bermanfaat.
    kucing sy dl jg kena penyakit trsebut, tp krn keterbatasan pengetahuan ketika itu, tdk sy bw k

    Like

  3. makasih infonya gan.

    kucing ane kaya gitu juga gan, sekarang gamau makan/minum
    jalan sempoyongan. mata bergerak kir-kanan maaf seperti orang tuna netra..
    tidurnya juga suka mojok di deket tembok 😦

    sampe nangis ane gan ngeliatnya kasian 😦

    penyakit gitu bisa disembuhin ga ya ?

    klo di bawa ke dokter hewan biayanya kira-kira berapa ?

    Like

    • Masih ga bisa jawab, bisa disembuhin atau tidaknya penyakit tersebut dipengaruhi banyak faktor. Kalau ke dokter hewan estimasi biaya 100k – 400k

      Like

  4. 2 jam lalu, kucingku baru gak ada gara2 distemper ini. bener2 kehilangan banget, apalagi umurnya baru 5bln dan kita ngerawatnya dari baru lahir. bener2 kayak kehilangan anak sendiri. padahal sehari sebelumnya udah di bawa ke dokter, tapi kondisinya terus merosot. sampe 2 jam lalu akhirnya mati di pangkuan mama, kayak nunggu mau ketemu mamaku, layaknya manusia.

    jadi, buat semua yang beneran gak mau kehilangan kayak gini, mending cepetan bawa ke dokter aja biar bisa cepet ditangani, soalnnya distemper itu cepet banget memburuknya…

    Like

  5. Hii all
    Kucing saya sdh mati 6
    5kitten 1indukan krn distemper
    1opname 3telat penanganan smpai akhrnya mnggal 2dirawat sndri tp pd akhrnya ttp aja mnggal
    Kucing lainnya pun sdh mulai nyusul gejalanya
    Krn tdk mau terulang lg trnyata sy coba beli d apotik
    BECOMBION,OBAT ANTI MUNTAH VOMETA, AMOCILIN,OBAT ANTI MENCRET CAIR . (Mix jd 1)
    setelah sekali minumin lgsg berangsur membaik
    Total kucing sya 20 separuh hampir nyusul mnggal guys
    Rasanya nyesel bgt knp baru tau obatnya . Di opname pun bkn jaminan mereka utk sembuh lhoo

    Like

  6. Cepet bgt kalau distemper bisa dlm wktu 2hr udh ga ada lhoo
    Pokoknya kalau udh kliatan muntah dan bgian ekor pantat basah dan loyo
    Lgsg belikan becombion,vometa, anti mencret syrup,amoxcilin di mix yaa
    Dijamin lgsg berangsur membaik kok

    Like

    • Itu minumnya berapa kali..satu resep satu amoxcilin gitu? Help ..

      Like

      • Paling mantep sebenarnya di bawa ke veterinari. Nanti disuntik 2x + dipaksa makan + beberapa obat (ada antibiotiknya), abis kira-kira 300k sampe 400k. Kalo sembuh puasnya bukan main, kalo ga selamet, yg penting udah usaha bgt (takdir Allah)

        Like

  7. Kucing sya 6 mnggal krn distemper
    Semua dr lahir aku rawat
    Yg 1 indukan yg 5 kitten msh lucu2nya n ksayangan bgt
    Tp smua jd pngalaman berharga. Kucing2 ku yg lain jd sembuh krn pencobaan obat tsb wlpun trlambat dan sdh ada korban 6kucing

    Like

  8. kucing aku si Tiger baru meninggal 3 hari lalu karna distemper,
    sblum nya aku pergi 1 bln ke ternate, 2 hari stlah pulang dr ternate si Tiger meninggal
    nyesel ninggalin dia 1 bulan, nyesel jg ga nyari2 info ttg penyakitnya, baru tau stlah Tiger udh ga ada

    Like

  9. kucingku jg lagi di opnam di drh doain buat kesembuhannya ya aku synk bangwt sama die si mirey

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

Pollock of Light

Twitter: @lluisbusse

Slate Agency

Talent Search

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

%d bloggers like this: