Emulator PS X dan PS 2 di Ubuntu

Lagi pengen mainin game lawas pas saya masih SD kayak Digimon Series (DMW), Final Fantasy Series (FF), Dino Crisis, Brave Fencer Mushasi, Crash Team Racing (CTR), dll. Saya nyoba jalanin pogram PSX emulator yang namanya ePSXe versi 1.70 dengan wine Linux, dan ternyata berfungsi baik (walau ada sedikit glitch dalam beberapa adegan game). BIOS yang saya pakai adalah SCPH 9002. Untuk sound plugin-nya saya pakai ePSXe SPU core 1.7.0. Terakhir untuk  video graphicsnya, saya pakai Pete’s OpenGL2 Driver 2.9.

Untuk konfigurasi video graphics, saya atur seperti ini :

Video

Untuk setting soft video plugin-nya, saya atur seperti ini :

Screenshot from 2013-06-19 05:26:32

Nanti tampilan game-nya akan jadi kaya gini :

DMW

Emulator ePSXe ini punya fitur save state yang memungkinkan kita men-save kapan aja, dimana aja, baik itu lagi berantem lawan bos terkuat kayak Omega Weapon atau Ozma (Final Fantasy 8 dan FF 9), lagi mancing ikan lele di tambang salju (harvest moon), atau sebelum Tyranomon kita mati kegemukan (Digimon World).

 

Untuk emulator PS 2 (Playstation 2), saya pakai emulator pcsx2-r4600. Buat emulator PS2 ini, settingannya lebih banyak dan ribet dari PSX. Saya belum dapat konfigurasi yang bener-bener ga bikin glitch dan tampilan yang bagus pas main game. Saya nyoba 1 game PS2 yang namanya Musashi Samurai Legend (Lanjutan Brave Fencer :-D). Hasil dari pengaturan yang belum sempurna dari saya akan seperti ini :

Screenshot from 2013-06-18 10:02:48

Screenshot from 2013-06-18 10:01:47

Screenshot from 2013-06-19 05:41:01

Ini screenshoot pengaturan components, graphics dan soundnya :

Screenshot from 2013-06-19 05:54:24

Screenshot from 2013-06-19 06:02:06

Screenshot from 2013-06-19 06:02:27

Glitch dan delaynya masih parah. Belum bisa menikmati permainan pokoknya. CPU akan meningkat panasnya pas kita main PS2 dibanding PSX (Udah pasti lah). Mungkin seandainya saya main di Microsoft Windows bukan di Linux akan lain cerita dan konfigurasinya. 😀 Pada saat ini saya kangen Windows.

Posted on June 19, 2013, in Linux, Pengalaman lain and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

Pollock of Light

Twitter: @lluisbusse

Slate Agency

Talent Search

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

