Peralatan, Perlengkapan, dan Perangkat Untuk Membuat Project Alat Sederhana

Alat dan perangkat utamanya adalah :

  • Komputer

Untuk Komputer, memakai OS Linux OpenSUSE yang sudah dipasang virtualbox untuk me-run Microsoft Windows 7 didalamnya. Pakai Virtual Windows yang 32-bit, jangan yang 64-bit (sebenernya ga masalah, asal ada kemauan).

  • Solder

2013

Untuk solder, bisa pakai solder apa aja, yang Rp. 8000-an ga masalah, asal mata soldernya bermerek (Goot, Dekko, dll). Untuk mata Dekko, harganya Rp. 12.000, untuk mata Goot, harganya Rp. 20.000.

  • Bor PCB

Untuk Bor-nya, mata bor yang dipakai berukuran 0,8 mm – 1 mm.

  • Crimping tool

Untuk crimping tool kalau ga ada duit pinjem aja sama teman, ga banyak dipakai.

  • Printer Laser

Untuk printer laser, minta tolong aja sama teman yang punya atau ke Snapy juga bisa.

  • Setrika

Setrika dipakai untuk transfer toner laser yang sudah dicetak di kertas licin ke PCB. Pakai setrika yang bawahnya belum hitam dan ga mudah lengket akan jauh lebih baik. Jangan pakai setrika uap.

  • Silet / jarum / peniti / logam keras / gergaji kecil

Benda tajam dan logam berfungsi untuk menguliti sisa transfer paper yang nempel pada permukaan PCB. Kalau ada toner bandel yang masih nempel setelah / sebelum di etching, gosok aja sampai mengelupas pakai logam keras / mata bor yang lagi muter, asal hati-hati jangan sampai jalur yang diinginkan ikut terkikis.

  • Sucker / Penyedot Timah

Sucker tidak dibutuhkan untuk orang yang sudah profesional dalam hal menyolder atau merancang PCB. Alat ini menyedot timah yang sedang cair. Sangat dibutuhkan oleh newbie seperti saya dalam kegiatan meyolder.

Bahan, konektor, dan modul dibawah adalah penunjang utama pembuatan project yaitu:

  • H202 dan HCL (kimia)

H202 dan HCL adalah cairan kimia berbahaya. Kondisi ruang terbuka dan dekat selang air serta selokan cor diperlukan kalau mau main-main dengan bahan ini. H202 bisa membuat tanah halaman rumah jadi jelek bentuknya, apalagi dicampur HCL. HCL punya bau kuat yang mengeluarkan asap dalam udara terbuka (Jangan dihirup atau efeknya ga bagus untuk paru-paru dan pernafasan) Jauhkan dari tumbuhan, lingkungan asri, peliharaan, dan orang yang anda sayangi. Jangan sentuh dalam keadaan panas. Kulit jadi bopak. Sangat korosif dan merupakan asam kuat. Campuran H202 dengan air dan HCL dengan air dalam satu wadah (kira-kira 2 : 4 dan 2 : 4) akan melarutkan permukaan konduktif PCB yang tidak tertutup toner atau spidol permanen. Harga Rp. 50.000 untuk dapat HCL + H202 sebanyak 4 liter.

  • Modul serial ISP MCS

Modul serial ISP MCS bisa dibuat sendiri atau beli. Buat sendiri juga gampang kok. Murah

  • Kabel USB-to-serial

Kabel USB-to-serial harga dan modelnya bermacam-macam. Ada yang merek Aten, bentuknya bagus dengan harga Rp. 160.000 support Linux (belom coba beli dan make). Ada yang harganya murah Rp. 50.000 ga support Linux dan ga bermerek (tapi ternyata bisa dipake di Linux, kalau ada kemauan dan usaha). Butuh driver seperti proliific GPS atau USB serial (update driver untuk kabel yang murah).

  • Kertas Transfer

Untuk kertas transfer, bisa juga dibeli di Glodok, namanya PCB transfer paper. Harganya mahal cuma dapet 3 kertas. Ganti aja pakai kertas foto glossy atau kertas kalender yang licin <- (jangan coba-coba kalau ga punya printer sendiri). Kertas ini bakal disetrika dan nempel sama PCB. Kupas! Keletekin pakai kuku atau benda tajam kalau susah dikupas. Kalau masih banyak kertas yang nempel di PCB, jangan di etching dulu! Fatal banget

  • Timah Solder

Timah solder itu bahan penting pembuatan project. Benar-benar fatal punya solder tapi ga punya timah solder. Timah ini cepat sekali encer kalau kena panas dan cepat banget kering kalau kena udara. Ajaib banget. Pake merek sakura udah bagus, harganya cuma Rp. 10.000. Ada merek Asahi yang paling bagus dan bening hasilnya setelah solder, harganya Rp. 65.000

  • Amplas

Amplas halus, buat ngerapihin PCB selesai dipotong + bersihin PCB sebelum disetrika (sebenernya disarankan pake sabut kawat aja yang buat bersihin panci)

  • Spidol Permanen

Snowman atau Faber Castell oke banget. Fungsinya buat ngerapihin toner yang ga nyambung dan melengkapi cacat transfer sebelum dietching. Rp. 5000 – 9000. Ga disaranin pakai permanen yang warna emas dan perak, ga tahan lama permanennya. Pakai yang warnanya hitam

Untuk software dan program yang digunakan dalam membuat project alat adalah:

  • Linux Oracle Virtualbox versi 4.2.12 (2013)

Oracle virtualbox ini sakti (Gratis pula). Percayalah  software virtualisasi ini powerfull dengan versi terbarunya. Pengenalan hardware eksternal internal dari host ke guest PC itu bener-bener mantap (CPU core, webcam, serial communication port, bluetooth), walau belum dicoba install NVIDIA Driver trus main game berat disini. Coba bayangin gimana dahsyatnya menjalankan Linux dengan Mac dan Windows di dalamnya atau sebaliknya, saya aja jadi takut. 😀

  • Altium Designer versi terserah

Altium Designer adalah softwarenya electronic dan computer engineering keren yang pernah saya tau. Karena saya belum mendalami Eagle dan PCB editor lainnya. Disini bisa bikin skematik dengan asik kemudian diupdate komponennya langsung ke bentuk PCB. Kegiatan routing mandiri dan autoroute pun asik sekali. Bisa bikin betah.

  • Adobe Illustrator versi terserah

Adobe Illustrator adalah aplikasi keren yang bakal menyesuaikan calon PCB yang masih dalam bentuk PDF. Yang dimaksud dengan menyesuaikan adalah saat kita membentuk rute wire, layer, dll dengan Altium lalu di save ke bentuk PDF, bentuk tersebut masih 1 : 1 terhadap kertas. Dengan AI PDF berisi hasil pengerjaan PCB 1 : 1 itu bisa di geser, di edit, dan disesuaikan lagi terhadap ukuran kertas sehingga bisa dicetak banyak sekaligus dalam 1 kertas, atau proyek PCB campur-campur di 1 kertas.

  • PDF995

PDF995 memfasilitasi Altium untuk mencetak atau mensave PCB document dalam bentuk PDF. Karena defaultnya Altium adalah adalah xps document. Tipe ekstensi .xps bakalan bikin susah kalau mau ngeprint ditempat umum atau tempat teman. Jauh lebih enak .PDF pokoknya deh.

  • Notepad atau Gedit

Notepad atau Gedit adalah tempat kita mencurahkan segala kepusingan kita dalam bentuk bahasa rakitan (assembly). Save file kodingan dalam bentuk. .asm.

  • ASM51

ASM 51 adalah compiler, correcter, dan generator. Program ringan similar ke terminal atau cmd ini bisa menghasilkan 2 file sekaligus ketika file.asm dicompile disini. 1 file berisi list error yang ada dalam baris kode (.lst) dan 1 file lagi berisi full kode heksadesimal (bahasa mesin .hex) yang bisa di write ke IC mikrokontroller. Program ini gak bisa dipakai pada arsitektur 64-bit Windows (sebenernya bisa, asal ada kemauan :-D)

  • ISP Prog v1.4

ISP Prog program powerfull terakhir. Jalan di 64-bit kok. Program ini cuma bisa dipakai kalau modul serial dan kabel usb-to-serial tidak ada masalah. Konfigurasi dengan virtual box versi terbaru sudah mantep banget. Program ini bisa menghapus chip dan menulis flash (.hex) langsung ke chip di modul project yang udah terpasang rangkaian.

Sebenarnya ada yang namanya Minicom (Linux), ASEM51 (Linux) dan Hyper Terminal (Windows) yang ikut membantu pengerjaan, tapi akan jadi panjang sekali ceritanya nanti. Akan dibahas lain waktu.

Sekian

Advertisements

Posted on June 17, 2013, in Linux, OpenSUSE, Pengalaman lain, Windows and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

Pollock of Light

Twitter: @lluisbusse

Slate Agency

Talent Search

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

%d bloggers like this: