Lux Meter Pinjaman

Baru dapat pinjaman Lux Meter dari CE LAB melalui bantuan Pak Wie dan Mbak Evie yang sudah berbaik hati menunggu dan melayani sampai maghrib. Terima kasih juga untuk Ko Rud, selaku kepala laboratorium yang sudah mengizinkan peminjaman instrumen ini. Dan untuk senior saya yang tidak bisa saya  sebutkan namanya, terima kasih sudah ajak saya ngobrol lebar panjang tentang dunia kerja, semoga cepat lulus, lancar main bass-nya, dan makin jago kalkulusnya (Angkatan 2006 yang sudah banyak makan gula sebagai mahasiswa dengan inisial AN)

digital-lux-meter-500x500

sumber gambar : aganshop.com

Lux Meter ini rencananya akan saya gunakan untuk keperluan pengukuran Lux dan Lumen per m² alias tingkat pencahayaan suatu ruangan gelap yang belum tahu dimana tempatnya dan akan diaktifkan satu sumber cahaya untuk menerangi ruangan gelap tersebut. Rencana sumber cahaya ruangannya sih lilin dan petromaks yang biasa dibawa abang-abang mie tek-tek atau sate kalau malam.

Cara kerja instrumen ini memakai sensor cahaya yang kalau pada gambar Lux Meter diatas, sensornya ada di bagian yang mirip mouse komputer (sebelah kanan). Gambar Lux Meter Dekko itu persis nyaris sama bentuknya dengan instrumen yang saya pinjam.

Cara mengukur yang akan saya lakukan adalah pertama ukur jarak 50 cm dari sumber cahaya pakai meteran kuning, lebih tepatnya meteran abang-abang bangunan yang keren dan bisa digulung otomatis itu. Setelah diukur maka tempatkan sensor pada titik 50cm dari sumber cahaya, terus lihat deh berapa Lux yang dihasilkan dan ditampilkan pada LCD instrumen.

Buat konversi dari Lux ke Lumen, ga perlu dipikirin pusing-pusing kalau Lumennya per m² (square metre) karena pada saat diukur dapat 135 Lux, maka Lumen per meter persegi-nya adalah 135, alias sama aja. Biar gampang masalah konversi-konversi pencahayaan begitu, mungkin website ini bisa membantu. Klik aja disini

Sekian post ini saya curhatkan. Terima kasih

Advertisements

About Dimas

study at

Posted on April 16, 2013, in Pengalaman lain and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

Pollock of Light

Twitter: @lluisbusse

Slate Agency

Talent Search

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

%d bloggers like this: