Belajar mengendalikan diri dari profil Facebook orang hebat

Adakalanya, kita sedang stress mengalami masalah kehidupan, kesombongan sedang ada dalam tingkat setinggi-tingginya, marah dan takabur serasa ingin meledak dari dalam. Itu semua juga pernah saya alami.

Saatnya buka facebook untuk menghilangkan kejenuhan melihat keadaan teman-teman semua dari layar komputer. Walah,.. kok malah jadi geli ngeliat status alay mereka, kok malah jadi iri melihat foto-foto mereka ke luar negeri, kok malah jadi nafsu melihat foto-foto seksi mereka dan teman-temannya, kok malah iri melihat kesuksesan orang lain, kok malah nambah ga tenang diri ini setelah buka facebook ? Sebagai manusia yang ga luput dari dosa dan rasa iri, itu wajar. Oleh karena itu kita harus bisa berpaling dari berbagai macam kesombongan yang ada, entah itu di social media atau dunia real yang sedang dijalani.

Nah, di facebook, ternyata bukan hanya profil seperti yang saya sebut diatas saja yang terlihat, tetapi ada beberapa sosok yang saya tahu dan saya kenal memang sudah berhasil dan berpengalaman dibidang pekerjaan yang sedang mereka jalani, namun profil facebooknya itu berisi suatu hal yang biasa saja serta sederhana, tidak ada foto-foto mereka sedang ada di tambang minyak lepas pantai saat sedang bekerja, tidak ada update status mereka “sedang makan di Dubai” atau “sedang belanja di Australia”, tidak ada data diri mereka berisi bahwa mereka pernah bekerja di perusahaan asing, Telematika, Conoco, Cisco, Halliburton, dll. Profil mereka tersebut jauh dari sombong, bahkan terbilang lucu, dengan foto-foto dan data diri seadanya, tetapi saya kenal dan tahu mereka bukan orang sembarangan.

Kesimpulannya adalah orang hebat itu justru lebih banyak diam dan lebih banyak bekerja ketimbang pamer. Gak neko-neko juga update status seperti “sedang bersama cewek-cewek di diskotek”, “minum A”, “lagi buang air besar”, “naik motor modifan teman”, “sedang mengerjakan projek keren”, “selesai berhubungan seks dengan pacar cantik”, “beli mobil B”, “selesai juga update Linux dan Windows” (ups, ini saya pernah nih, pamer ini) dan bla-bla-bla.

Sebenarnya ada juga profil Facebook orang hebat, dimana dia aktif di social media seperti Facebook, namun dia jauh dari kata pamer, justru lebih banyak memberikan update status yang berkualitas atau berbagi ilmu yang bermanfaat. Beberapa contoh yang akan saya ambil adalah dua orang dosen yang mengajar di dua Universitas yang berbeda. Dimana yang satu adalah seorang yang hobi mengupload foto-foto berisi penyelesaian perhitungan kalkulus, persamaan diferensial, dan materi-materi matematika yang menarik. Dan yang satu orang lagi adalah seorang dosen yang gemar update status yang dapat menjadi sebuah inspirasi dan ketenangan dengan penyampaian yang menarik (pernah dia update kata-kata bijak, yang menghubungkan persamaan kehidupan manusia dengan sebuah FPGA).

Orang-orang tersebut adalah beberapa dari orang hebat yang mampu membuat saya mampu mengendalikan diri dan belajar banyak hal yang baik dalam membangun karakter. Dan terakhir saya akan memberikan beberapa status dari orang hebat tersebut (Dosen yang hobi update status), yang mungkin akan membuat para pembaca mampu berfikir hebat dan memiliki hidup yang mempunyai nilai positif.

  1. “Melupakan nikmat sering terjadi karena kita selalu memikirkan apa yang belum atau tidak kita punya ketimbang memikirkan apa yang sudah kita miliki dan nikmati.
    Melupakan nikmat bisa juga terjadi karena kita terlalu arogan (sombong), seolah-olah apa yang kita dapatkan adalah hasil upaya kita semata tanpa pernah terbesit dalam pikiran akan pertolongan Allah.
    Penyebab lain bisa jadi karena kita kurang atau bahkan tidak bisa mengingat Allah sehingga kita juga lupa bahwa apa yang kita miliki adalah atas kehendak Allah”
  2. “Pengetahuan yg dialami akan benar2 merasuk dalam tingkat pemahaman dan kesadaran. Jauh sangat berbeda jika pengetahuan hanya sekedar copy paste”
  3. “Saat hendak marah, sebaiknya segera sadari. Siapa yg marah? Ngapain marah? Buat apa dan apa untungnya ? Barusan mikir siapa yg marah sudah memberikan jeda utk menunda kemarahan dan mengganti nya dengan energi lain yg lebih bermanfaat. Maafkan dan lupakan”
  4. “wah pak… hilang dech jatah jutaan dari kerjaan yang harusnya saya kerjakan, mereka membatalkan kerjasamanya…”
    ooo yang rejeki jutaan itu ndak batal, hanya dialihkan ama Allah ke tempat dan waktu yang laen, agar kita bisa introspeksi, kenapa nich Allah mending (menunda) rejeki-Nya buat kita…ya barangkali masih ada sisa2 kotoran dalam hati kita yang perlu dibersihin…
    ya barangkali memang kitanya diminta sabar dan tetap ikhlas syukur tawakal…
    ya barangkali tu projek gak bagus buat kita…
    ya barangkali ada hak2 fakir miskin, anak yatim yang belum kita tunaikan…
    ya barangkali kitanya suka melambat2kan waktu sholat…[selalu melihat segala sesuatu dengan perspektif yang positif, karena yakin Allah selalu sayang sama kita]
  5. saat dihantam dengan komentar dan olok2 yang sama sekali tidak menunjukkan empati, pada saat itu KESABARAN kita memang sedang diuji, atau itu merupakan CERMINAN dari getaran kehidupan yang selama ini dijalani.
    [berusaha sabar dan sekaligus introspeksi]
  6. seorang mahasiswa saya pagi-pagi sudah mempersiapkan sidang ujian TA-nya. Mulai dari slide yang dibuat bagus, cara berpakaian yang tidak biasanya, menjawab pertanyaan2 dengan elegan, demo alat yang mengesankan, dst.

    saat saya tanya mengapa dia lakukan semuanya itu, selepas sukses mendapatkan nilai sempurna ujian pendadaran, jawabannya sederhana, “saya ingin orang tua saya bangga dengan apa yang saya capai, dan itu SANGAT PENTING dan MENYENANGKAN bagi saya” (sambil tersenyum)

    sedangkan yang laen pernah menjawab “saya merasa MENDERITA, jika saya tidak lulus / wisuda bulan depan, karena…”

    intinya TEMUKAN ALASAN YANG KUAT (entah kenikmatan atau penderitaan) untuk bergerak menggapai KESUKSESAN !

Advertisements

About Dimas

study at

Posted on April 2, 2013, in Character Bulding, Pengalaman lain and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

Pollock of Light

Twitter: @lluisbusse

Slate Agency

Talent Search

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

%d bloggers like this: