Menginstall Driver Grafis NVIDIA GT 520M di OpenSUSE 11.4

OpenSUSE 11.4, OS saya yang satu ini dari awal install memang  kadang suka timbul masalah dan susah dijinakkan, beda sama Ubuntu. Saya nekat install driver NVIDIA ini karena berpikir saya itu punya kartu grafis, tapi setiap masuk ke OpenSUSE ga bisa nikmatin grafis hardware yang ada karena ga ada keberanian buat install. Nah ketakutan install kartu grafis itu datang karena pengalaman gagal installnya. Sudah pernah 3 kali install ulang OpenSUSE gara-gara ga pernah berhasil install driver grafis NVIDIA yang menghasilkan layar konsol yang ga bisa masuk desktop (bikin frustasi). Nah kalau dulu gagal gak masalahh karena data-data yang penting tersimpan di Windows 7 dan Ubuntu 12.10 saya, tapi kalau sekarang gagal ? Habislah data penting saya dalam OpenSUSE. Karena Windows 7 sudah tidak ada di hard disk dan Ubuntu-nya hanya sebagai OS kumpulan aplikasi dan Software yang menjalankan data-data penting yang ada dalam OpenSUSE.

Dan tibalah waktunya kenekatan itu datang. Kalau terjadi kesalahan lagi maka habislah sudah, apalagi ada tugas kuliah yang memerlukan data-data dalam OpenSUSE dalam waktu dekat. Kali ini saya benar-benar usaha mencari info yang tepat dan dimengerti dalam-dalam bagaimana step-step yang benar dalam menginstall Grafis. Langkah-langkah dan petunjuknya adalah sebagai berikut :

  1. Pasti harus punya OpenSUSE dulu donk yang terinstall
  2. Jangan berpikir install NVIDIA lewat Yast Software Manager yang tinggal klik ini klik itu beres finish, macam Windows, karena hanya akan menimbulkan Desktop hilang dan menandakan kegagalan di OpenSUSE. Karena di Software Manager/Install or Remove Software (sama aja), saat saya nambahin repository Nvidia, maka yang dilist adalah package-package untuk kartu grafis NVIDIA generasi lama macam FX, MX, Geforce 6, 7, dll. Padahal yang dipakai GeForce generasi 500m (520m tepatnya untuk Notebook). Jadi sangat dilarang install driver NVIDIA seperti GT dan GTX lewat Software Management di OpenSUSE (Driver Ubuntu aja lewat command terminal installnya, masa pake OpenSUSE malah mau jalan gampang)
  3. Oke jadi dimulai saja. Siap ya.
  4. Segala resiko ditanggung sendiri dengan modal kenekatan, kecerdasan, dan ketepatan menangani masalah (ingat itu :-D)

Langkah-langkah yang komplit ada di web ini, Petunjuk disitu sepertinya untuk pengguna tingkat lanjut jadi saya hanya meringkas step-step mana yang diperlukan, jangan sampai melakukan step yang tidak perlu karena malah bikin kacau nanti seperti yang dilakukan saya sebelumnya:

Cek apakah software yang dibutuhkan sudah terinstall

Cek apakah software yang dibutuhkan sudah terinstall

  • Install Dependecies The Nvidia Driver. Maksudnya yang harus dilakukan adalah buka Yast dan pilih Software Manager. Setelah terbuka Software Management-nya, Klik textbox find dan ketik gcc. Apabila gcc (The System GNU C compiler) sudah terinstall yang ditandai dengan checklist maka lanjut ke poin selanjutnya, tapi apabila tidak ada tanda checklist pada gcc tersebut, maka checklistlah dengan menklik box checklist tersebut.
  • Install make. Tetap di Software Manager, ketik make di find. Apabila make sudah dalam kondisi ter-checklist, maka lanjut ke poin selanjutnya. Kalau belum tinggal dichecklist.
  • Install kernel-devel. Ketik kernel-devel di find. Kalau belum tercentang tinggal di klik.
  • Setelah itu klik apply untuk menyetujui perubahan yang ada (ini membutuhkan koneksi internet)
  • Setelah ketiganya ter-install, sekarang download NVIDIA driver disini.
  • Tentukan product type-nya apa. Saya memilih GeForce, kemudian product dan product series-nya apa, misalnya GeForce GTX 690 (untuk desktop) atau Geforce GT 520m (untuk laptop). Setelah itu pilih OS yang digunakan yaitu Linux (jangan sampai salah antara 32-bt dan 64-bit). Di Linux OpenSUSE, 64-bit disebut x86_64. Setelah itu semua, klik search dan di page selanjutnya pilih download. Proses download akan berjalan
  • Setelah download selesai, pindahin file NvidiaBlablabla.run-nya ke direktori home (biar gampang kasih commandnya)
  • Blacklist Nouveau. Buka Gnome Terminal (Terminal). Masukkan command:
  1. $ su
  2. # echo “blacklist nouveau” >> /etc/modprobe.d/50-blacklist.conf
  3. # exit
  4. $ exit
  • Setalah itu browse dan buka file /boot/grub/menu.lst. Apabila diblokir menu.lst-nya, Unblock menggunakan command terminal dengan chmod -R a+xrw /boot/grub/menu.lst
  • Tambahkan “modeset.nouveau=0” di line yang merupakan konfigurasi bootloader OpenSUSE tepatnya sebelum “showopts vga=xxxx” (disebelah kirinya). Pisahkan dengan spasi. Setelah itu save menu.lst-nya dan block lagi menu.lst-nya di terminal dengan perintah chmod -R a+xrw /boot/grub/menu.lst
  • Logot OpenSUSE kita
  • Setelah ada di tampilan login, Tekan key kombinasi ctrl+alt+F1 untuk masuk ke konsol
  • Login dulu di konsol dengan masukkan username dan password
  • Masukkan perintah berikut ini :
  1. $ su –
  2. # rcxdm stop
  3. # sh /home/user/NVIDIA (Ganti user dengan nama user linuxnya, misalnya dimas, dan tekan tab untuk melengkapi nama NVIDIA-nya daripada ribet nulisnya). # sh /home/dimas/NVIDIAblablablabla.run
  4. Mulai Install nih, Kalau gak ada masalah, udah pasti ada license agreement gitu. Pilih Accept (ga bisa di screenshot soalnya di konsol)
  5. Proses berjalan, tungguin aja, kalau di tengah-tengah proses tiba-tiba ada yang nanyain tentang DKMS gitu di “No” aja. Karena pada saat saya pilih yes, kayanya saya jadi gagal install NVIDIA-nya. Tapi kalau mau coba pilih “yes” tidak apa-apa, kalau gagal install, tinggal coba install lagi dan saat ada pilihan DKMS gitu pilih “no”
  6. Kalau sudah installed successfully tanpa error maka SELAMATLAH anda, tinggal tambahkan 2 command terakhir.
  7. # modprobe nvidia
  8. # rcxdm start
  • NVIDIA Driver grafis sudah berhasil di install dengan baik. Alhamdulillah. Selamat menikmati OpenSUSE yang jadi asik goyangannya.
Temperatur GPU yang baik

Temperatur GPU yang baik

Sebagai tambahan aja nih, awal-awal terinstall drivernya suhu yang keluar dari ventilasi panas banget 55 derajat celcius dan indikator suhu sudah menunjuk bar kuning. Ini bisa sangat berbahaya. Atur konfigurasi dengan mencentang “texture sharpening”, “enable FXAA”, “Use conformant texture clamping”, “allow flipping”, dan “sync to vblank”, Insya Allah temperaturnya menurun ke bar hijau menjadi sampai 43 derajat celcius. Terima kasih sudah menyimak.

Advertisements

Posted on January 14, 2013, in Linux, OpenSUSE, Sistem Operasi, Troubleshooting and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. woi coy mana nih file /boot/grub/menu.lst yg ini menu.lst ga ada di opensuse ane trus nanti kalo utk ke opensuse12.3 ga da juga percuma donk ga akan bisa install driver nvidia optimus na gmn sih nulis blog na yg bener lah….? dah itu sumber na juga web na udah ga ada pula sama aja boong donk…!

    Like

  2. Terima kasih sudah berkomentar. Mohon maaf sebelumnya, untuk sumber web-nya sudah bisa dibuka dengan benar sekarang. Sebelumnya sumber web tidak bisa dibuka karena ane hanya kurang penulisan pada link tautan.

    File /boot/grub/menu.lst di opensuse pasti selalu ada, untuk membuktikannya coba buka direktori boot/grub, nah didalamnya terdapat file menu.lst. Kalau ga ada di opensuse anda, OS opensuse tidak akan bisa di boot dengan benar.

    Untuk pertanyaan anda tentang opensuse 12.3, mohon maaf pada postingan ini baru membahas tentang penginstallan NVIDIA optimus di opensuse 11.4. Jadi kalau mau install di opensuse12.3 silahkan googling saja 😀

    Tambahan : Mungkin direktori /boot/grub tersebut pada opensuse anda, ada dalam status akses “no read and no write”. Untuk mengaksesnya bisa digunakan perintah chmod untuk direktori tersebut.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

Pollock of Light

Twitter: @lluisbusse

Slate Agency

Talent Search

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

%d bloggers like this: