Perjuangan Menginstall Sistem Operasi (bagian 2)

Post ini adalah post lanjutan dari perjuangan menginstall sistem operasi (bagian 1). Setelah merasa gagal dengan downloadan yang tidak kunjung berubah menjadi .ISO maka diputuskan untuk membuang jauh-jauh file corrupt tersebut. 4 Giga lebih file itu didownload susah payah (mengapa susah banget nyari tempat yang nyediain wifi 1 megabyyte/sekon.?). Padahal udah kepengen banget waktu itu punya Windows 8, karena masih banyak yang belum pake, jadi bisa dioprek dan dipamerin (walaupun baru release preview).

Walaupun sudah selesai download, tapi karena gagal ketika unpacking file untuk dijadikan .ISO melalui MSDNAA, maka saya belum menyerah karena kegagalan itu. Saya mencoba mendownload windows 8 lagi melalui website resmi Microsoft. Karena serial number asli Windows 8 Release previewnya sudah didapat lewat MSDNAA  (jadi tidak masalah). Kali ini downloadnya berjalan lancar bahagia karena sambil menunggu saya wifi-an (seingat saya) dari jam 4 sore sampai jam setengah 2 pagi di seven-eleven. Koneksi di Sevel daerah Bintaro ini lumayan cepat dan tempatnya bersih terawat walaupun masih saya temukan anak-anak remaja tengil berisik sambil minum Heineken + Guinnes di tempat itu yang kadang-kadang amat meng-khawatirkan (masih kecil ko minumnya kaya gitu, buat apa sih, mending minum susu, air putih, atau slurpee aja).

Download kelar, tanpa perlu unpack, karena yang didownload adalah file berekstensi .ISO langsung. Keesekonnya langsung dicobain itu .ISO di virtualbox, karena saat mencoba menginstallnya tidak pernah bisa (melalui DVD yang sudah diburn .ISO itu). Saya tidak tahu apa penyebabnya, mungkin karena saya pakai multi-boot OS, atau karena sudah ada Windows 7 di dalam harddisk, atau karena masih release preview. Saya juga setengah-setengah takut kalau menginstallnya di harddisk langsung akan berefek tidak baik pada kedua OS, terutama apabila nanti ada data-data penting hilang karena harddisk bermasalah.

Setelah dijalankan di virtualbox untuk Windows (saat itu belum install OpenSUSE yang sudah terinstall virtualbox seperti PC saya saat ini), proses installasi windows 8 pun kelar, dan tampilannya beda dari Windows-Windows sebelumnya (ME, XP, Vista, 7). Saya disambut dengan tampilan Login yang memerlukan akun windows online, walau pun bisa dipilih untuk melakukan login offline (biasanya kalo mau login di versi windows sebelumnya ga kaya gini), terus setelah login disambut dengan tampilan kotak-kotak gitu, gak langsung masuk ke desktop, terus saat kita hover sebuah icon atau image tidak ada gradasi disitu. Hanya satu warna simple tapi kelihatan elegan. Tema windows ketika sedang aktif terlihat flat dan sederhana. Kalau gak salah nama User Interfacenya Metro (vista sama 7 kan Aero). Mungkin nanti next UI untuk Windows penerusnya bisa bernama Mikro, Makro, Taro, Shiro, dll.

Puas mengarungi Windows 8 Release Preview lewat vb, lalu muncul Windows 8 RTM. Saya mengetahui RTM ini dari salah satu asslab saya yang mem-post screenshot RTMnya di Facebook. Untuk yang satu ini saya tidak perlu capek-capek mendownload karena saya bisa langsung dapetin file.iso-nya dari SLC Binus Anggrek pas ada tutorial Windows 8 Hackathon (semacam acara pengembangan aplikasi untuk Win 8 pake C# (sharp/kres/apalah, di Sistem Komputer saya tidak belajar C#). RTM juga ga beda jauh sama release preview tampilannya.

Dan saat ini Windows 8 yang release sudah keluar dan belum memberi saya semangat untuk menginstallnya di Hardisk. Bahkan karena masalah harddisk Windows 7 saya terformat secara tidak sengaja (Data kuliah, games, dan video porno semuanya hilang). Jadi tidak ada Windows di hardisk saya. Yang ada hanya 2 Distribusi Linux, Ubuntu 12.10 Quantal Quetzal dan OpenSUSE 11.4 Celadon. Jadi, saya adalah pengguna linux berdarah murni (tengil, sombong, dan belagu) yang masih harus banyak belajar, karena dunia Operating System itu sangat luas, layaknya Florida ke Argentina, atau Riau ke Yogyakarta. Perjuangan Menginstall Sistem Operasi akan dilanjutkan ke bagian 3 tentang Linux From Scratch.

Advertisements

About Dimas

study at

Posted on January 11, 2013, in Sistem Operasi, Windows and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

Pollock of Light

Twitter: @lluisbusse

Slate Agency

Talent Search

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

%d bloggers like this: