Simulator pada sebuah SDK (Software Development Kit) di Ubuntu 12.10

Kegilaan saya akan hal yang baru saya ketahui di dunia mobile computing didukung oleh SDK-SDK platform smartphone yang keren-keren. Dengan adanya SDK ini kita bisa mendevelop aplikasi smartphone dengan simulator seperti smartphone asli dan merasakan memiliki smartphone tanpa membeli, tepatnya dengan simulator.

Untuk mendapatkan itu semua kita hanya perlu mendownload file-file SDK yang ada di website resmi developer masing-masing platform smartphone. Dibutuhkan koneksi internet yang cukup kencang untuk mendownload file SDK tersebut yang dikarenakan ukuran filenya berkisar antara 500 Mb – 1,6 Gb. Setelah file instalasinya selesai didownload maka cukup diklik dua kali filenya untuk menjalankan proses instalasi, pada platform windows yang berekstensi .exe. Untuk platform Linux biasanya perlu memakai terminal seperti SDK QT yang berekstensi .run.

Selesai proses install maka aplikasi dapat langsung digunakan. Beberapa SDK sudah terintegrasi dengan aplikasi Eclipse atau Netbeans serta simulator smartphonenya. Nah untuk merasakan betapa kerennya smartphone didalam komputer maka bisa langsung menjalankan simulatornya.

 

Nokia S40 simulator

BB simulator

Untuk OS linux, Nokia SDK untuk S60, S40, dan Windows Mobile Phone tidak bisa diinstall, karena tidak support OS ini (hanya OS Windows), untuk Blackberry JDE juga tidak bisa berjalan pada OS Linux. Untuk mengakalinya kita terpaksa harus menginstall Oracle Virtualbox untuk installasi OS Microsoft Windows di dalam OS Linux. Saya juga pernah mencoba menginstal Blackberry JDE di Linux menggunakan Aplikasi Play On Linux (Semacam Wine), tetapi tidak bisa karena program Blackberry JDE yang berintegrasi dengan Eclipse ini merupakan program kompleks.

Seburuk-buruknya OS Linux (dalam hal ini Ubuntu) untuk menjalankan program development dan emulator dibandingkan OS Windows, tetap ada SDK yang bisa berjalan dil Linux, yaitu SDK Android. Lumayan kan untuk Android Development di Linux.

Eclipse Integrated

Eclipse Integrated

Platform 4.2 Jelly Bean API 17

Platform 4.2 Jelly Bean API 17

Virtual device Nexus One ini berjalan agak lambat di Linux Ubuntu 12.10 (Quantal Quetzal) dengan gnome-shell. Mungkin akan lebih cepat dengan tampilan gnome clasic atau unity. Mau mencoba mendevelop Android dengan virtual device-nya yang keren di Linux? silahkan download disini.

Advertisements

Posted on December 5, 2012, in Mobile Application and Development and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

Pollock of Light

Twitter: @lluisbusse

Slate Agency

Talent Search

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

%d bloggers like this: