VHDL (VHSIC Hardware Description Language)

VHDL (VHSIC Hardware Description Language) digunakan untuk mendeskripsikan dan mem-verifikasi desain suatu sistem. Programmable logic devices (PLD) digunakan untuk implementasi hardware. Untuk memproses dari deskripsi sistem pada VHDL untuk realisasi pada PLD membutuhkan penggunaan sejumlah software CAE (Computer-Aided Engineering). Lalu dalam VHDL terdapat singkatan lagi yaitu VHSIC yang artinya Very High Speed Integrated Circuit.

VHDL adalah standar bahasa pendeskripsian hardware yang banyak digunakan untuk spesifikasi, pemodelan, desain, dan pensimulasian sistem digital. Kita dapat menggunakan VHDL untuk mendeskripsikan sistem secara struktural atau behavioral (istilah dalam VHDL, kalau diartiin ke Indonesia yaitu perilaku) pada beberapa level abstraksi berbeda. VHDL membantu kita agar dengan mudah mendesain sistem yang kompleks dan besar.. Bisa dibayangkan tanpa VHDL kita harus mendesain suatu gambar skematik di kertas atau komputer untuk suatu sistem yang benar-benar rumit, otomatis bisa memerlukan banyak space dan page.

Deskripsi sistem dapat secara fungsional disimulasikan untuk mem-verifikasi kebenaran dari kodingnya. Keuntungan dari penggunaan VHDL adalah testbench, yaitu deskripsi urutan input dan respon yang diperlukan untuk mengendalikan simulasi sistem. Testbench ini dapat juga ditulis dengan VHDL.

About Dimas

study at

Posted on November 27, 2012, in VHDL and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. very informative post

    Like

Leave a comment

Wikaria Gazali's Blog

Matematika adalah menyenangkan

Inspiration Joint... E-Prerna!!

Powered By Ideas,Ideals & Idealism. A Blog By Prerna Jain