Perjuangan meng-install sistem operasi (bagian 1)

Generasi Microsoft Windows ke 8 akan segera dirilis ke publik yang apabila tidak ada halangan akan hadir pada akhir oktober ke pasaran. Kabar ini pun membuat saya penasaran ingin cepet-cepet install Windows. Untungnya, microsoft meluncurkan pre-release windows 8 yang bernama Windows 8 CP (Customer Preview) dan Windows 8 RP (Release Preview). Windows 8 versi ini bertujuan agar penggemar serta consumer windows dapat merasakan seperti apa windows 8, beserta perbedaannya dengan versi windows sebelumnya. Microsoft juga meminta kritik saran penilaian akan Windows 8 yang akan segera dirilis nanti dengan mengeluarkan terlebih dahulu versi Windows 8 CP dan RP ini
Saya yang makin panas ngeliat screenshot atau video tampilan windows 8 yang ada di internet, memutuskan untuk menginstallnya. Yang pertama saya lakukan adalah merencanakan dimana website yang menyediakan downloadable file windows 8 ini. Website yang saya pertama coba adalah di MSDNAA. Website ini menyediakan produk-produk perusahaan Microsoft. Saya dapat membeli product keynya secara gratis karena sudah difasilitasi kampus (bekerja sama dengan Microsoft). Ini yang saya lakukan ketika dulu mendapatkan serial number Windows 7 Profesional gratis.
Kedua, saya harus merencanakan dimana saya bisa men-download file berukuran 3,3 Gigabyte dengan cepat. Maklum, di rumah pake modem wireless gsm, kecepatan maksimal rata-rata palingan cuma 100 kb/s. Apalagi kalo kuota abis, bisa 8 kb/s doang. Mau berapa hari untuk download 3,3 Gb ? Nah, mulai dari rumah, sebuah convenience store, dan ruang 408 kampus, menjadi tempat saya menunggu downloadan. Tempat tercepat untuk mendownload adalah ruang 408 kampus saya (Meski harus menunggu kelas selesai, untuk dapat akses internet di meja dosen). Kecepatan download 75 Mb/s rata-rata, kecepatan upload 84 Mb/s rata-rata, dan pingnya bisa 0 ( Siapa yang bilang internet di indonesia lambat? hehehe).
Setelah melewati proses birokrasi pembeliannya di MSDNAA, maka kita akan mulai mendownload aplikasi SDM (Secure Download Manager). Aplikasi inilah yang akan mendownload Windows 8 Consumer Preview dengan aplikasi secara aman, resuming capability-nya yahut pula. Format yang di download berupa .sdc yang harus di unpack ketika selesai di download.
Detik-detik terakhir perjuangan download hampir tiba. Saya saat itu menggunakan koneksi wifi salah satu convenience store yang bisa di bilang punya speed lumayan. Setelah mencapai 100% yang sudah di download. Maka jantung mulai berdebar-debar tidak sabar merasakan nikmatnya Windows 8 (Apaan sih). Ternyata setelah 100% (sudah 3,3 Gb) masih harus menunggu unpackingnya. Saya benar-benar kalap dan mem-pause proses unpacknya (karena sudah ngantuk dan ingin pulang ke rumah). Sesampainya dirumah saya mencoba unpack lagi, kemudian di tinggal tidur komputernya dalam keadaan menyala.
Bangun pagi, tiba saatnya men-cek kondisi unpackingnya. Saya benar-benar berharap .SDC tersebut sudah berubah jadi .ISO biar bisa langsung di burn ke DVD atau di mount langsung ke virtual machine (ga perlu di burn). Dan, jreeeeeennngg………unpacking belum juga kelar. Tiiiidaaaaakkkkkkk…arrrggghh…aakkh.
Bersambung…
About Dimas

study at

Posted on July 14, 2012, in Pengalaman lain, Sistem Operasi. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

Pollock of Light

Twitter: @lluisbusse

Slate Agency

Talent Search

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

