Me-reset password pada MySQL Server di Linux

Kebetulan baru selesai nyelesain masalah di MySQL Linux buat coding di QT (Mata kuliah Cross Platform Application Development peminatan Embedded System). Karena di Mata kuliah QT ini ada topik yang membahas database, jadi terpaksa harus belajar SQL juga (ribet tapi nambah ilmu). Mumpung ingatan masih fresh mendingan dishare aja tentang SQL.

MySQL saya baru nyentuh di Semester ini. Yang saya tau sih, software ini bisa buat database kalau digabung sama QueryBrowser atau MySQL Workbench. Fungsi lainnya saya belum tau pasti (yang tau silahkan tambahin). Software ini punya tampilan GUI untuk koneksinya yaitu yang saya pake adalah MySQL Administrator.

MySQL Administrator akan terkoneksi kalau server hostname, port, username, dan password itu cocok dengan set yang ada pada MySQL Server. Jadi siapa yang mau coba MySQL Administrator atau MySQL Workbench install dulu MySQL server yang merupakan installasi stand alone pada linux. Bisa pake Terminal atau Software Center. Ukurannya kecil cuma beberapa kb.

Setelah install selesai untuk yang pertama kalinya. Dia akan minta kita nentuin password apa yang akan kita pakai tiap mau koneksi. Nah pas disinilah masalah saya akan dimulai. Saya menyamakan password tersebut dengan beberapa hal yang ada di(saya tidak bisa katakan). Tapi tombol oke sudah terlanjur ditekan. Padahal password tersebut setidaknya akan dimunculkan dalam kodingan QT (dengan password itu QT dan MySQL dapat terhubung) pada presentasi saya di depan kelas. Munculah keinginan untuk mengganti password.

Berbagai cara dilakukan untuk mengganti password baik lewat MySQL Administrator, install ulang MySQL Server, dan lewat terminal (petunjuk internet). Tetapi masih belum bisa merubah passwordnya. Akhirnya ketemu juga sebuah referensi web yang cocok dan mudah dipahami (walaupun bahasa Inggris T_T) yang mengantarkan saya kepada kesuksesan mengubah password SQL Server #Bangga.

Saya lanjutkan lagi besok siang ya. πŸ˜€

Astaga, mohon maaf sekali, kasus ini sudah expired. Ini disebabkan karena saya sudah lupa pakai teknik yang mana dan dalam kasus yang seperti apa, saat merubah password SQL di linux waktu itu. Karena kebetulan PC desktop saya yang dulu dipakai untuk mempraktekan kasus ini, rusak moherboardnya, dan juga link web referensinya pun lupa. Jadi saya benar-benar blank saat baru nge-blog lagi di laptop. Alhasil saya juga lupa bagaimana merubah password SQL server untuk kasus tersebut.


😦


Kecewa

Advertisements

About Dimas

study at

Posted on January 10, 2012, in Cross Platform Application, Troubleshooting. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. makanya jangan setengah2 om, langsung selesein. Jadi lupa kan

    Like

  2. πŸ˜€ wah sorry banget nih. Jadi gantung artikelnya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

Pollock of Light

Twitter: @lluisbusse

Slate Agency

Talent Search

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

%d bloggers like this: