Deadlock

Jika diartiin ke Bahasa Indonesia, Deadlock artinya adalah kunci mati (Gak bisa kemana-kemana alias Buntu, mau mundur ga bisa mau maju kealingan). Dapat didefinisikan sederhana dari kutipan buku Modern Operating Systems Andrew S. Tanenbaum:
Satu set proses deadlock jika setiap proses dalam set menunggu untuk sebuah kejadian yang hanya proses lain dalam set dapat menyebabkan”
 Dan definisi lengkap jelasnya:
 
“Suatu keadaan dimana sistem seperti terhenti dikarenakan setiap proses memiliki sumber daya yang tidak bisa dibagi dan menunggu untuk mendapatkan sumber daya yang sedang dimiliki oleh proses lain”
 
Deadlock hanya dapat terjadi pada akses terhadap sumber daya yang tidak bisa dibagikan.
 
Dalam kehidupan nyata deadlock dapat terjadi pada beberapa kasus:
  1. Kerumunan orang pada suatu konser musik, festival belanja, atau antrian tiket pertandingan sepak bola yang benar-benar padat dan tidak beraturan. Yang membuat orang dari arah mana saja datang ke satu titik untuk berebutan tempat atau jalan. Setelah rombongan dari berbagai jalan mendesak-desak maka beberapa orang yang ada pada titik tertentu tidak akan bisa melewati kerumunan itu dan tidak bisa kemana-mana, sebelum ada orang paling belakang mundur untuk memberi jalan bagi orang didepannya lagi untuk mengatur urutannya. Bisa menyebabkan orang pingsan bahkan mati kehabisan nafas 😀
  2. Kemacetan lalu lintas yang terkunci pada persimpangan jalan (terlebih jika tidak ada lampu lalu lintas). Kendaraan pada satu titik tidak akan bisa kemana-mana karena jalan yang ingin dia lewati tertutup kendaraan lainnya. Yang bisa diperbuat dalam keadaan ini ya menunggu sampai ada antrian kendaraan yang mengalah dan memberikan jalan untuk kendaraan dari arah lain lewat. Jika tidak ada yang mau mengalah bisa terjadi bentrok dan keributan. 
Kejadian Deadlock yang berlangsung terus menerus dapat mengakibatkan Starvation. Starvation  adalah keadaan dimana satu atau beberapa proses kelaparan karena terus menerus menunggu resource yang diinginkan terpenuhi. Namun karena sumber dayanya tidak tersedia atau dialokasikan untuk proses lain, akhirnya proses yang membutuhkan tidak bisa memilikinya. Kondisi ini akibat dari menunggu yang berkepanjangan. 
Kalau pada kenyataan komputernya, pada saat menggunakan aplikasi kan kadang-kadang hang tuh (kalo kebanyakan buka aplikasi dan switch jendelanya dicepetin, contohnya buka photosop, office, explorer, WMP, Mozila) alias not responding walau sebentar, tapi kalo emang udah terlalu berat pasti not respondingnya bakalan lama sampe-sampe user gak sabar dan langsung buka task manager buat terminate proses.
Advertisements

About Dimas

study at

Posted on July 2, 2011, in Sistem Operasi. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Mudah-mudahan mata kuliah ini lulus. Sundul.
    😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

Pollock of Light

Twitter: @lluisbusse

Slate Agency

Talent Search

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

%d bloggers like this: