Topologi pada Jarkom

Topologi adalah sebuah istilah yang digunakan dalam jaringan komputer untuk menguraikan cara bagaimana suatu komputer terhubung ke komputer lainnya.
Topologi ada beberapa macam.
Topologi Star
Topologi  Bus
Topologi Tree
Topologi Ring
Topologi Mesh
  1. Topologi Star : Fungsi utama dari topologi ini adalah security. Apabila ada server yang mati, maka semua clientnya akan ikut mati. Ini membuat client yang terhubung ke server tidak bisa berbuat banyak apabila server sedang tidak aktif.
  2. Topologi Bus : Ekspansinya yang mudah merupakan inti poin. Ini merupakan topologi yang paling sederhana dibandingkan topologi lainnya. Semakin banyak komputer terkoneksi, maka jaringan ini akan semakin lambat, karena dengan banyak komputer, akan membuat komputer-komputer lainnya menunggu giliran untuk mengirim data.
  3. Topologi Tree : Adalah kombinasi karakteristik antara topologi star dan topologi bus. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain dihubungkan sebagai backbone. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Keunggulan topologi ini adalah lebih mampu menjangkau jarak yang lebih jauh dengan mengaktifkan fungsi repeater yang dimiliki oleh Hub
  4. Topologi Mesh :  Adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju. Privacy dan security menggunakan topologi ini sangat baik. Sifat robust dimiliki topologi ini, yaitu apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan mempengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya
  5. Topologi Hybrid : Topologi  dimana terdapat beberapa topologi yang digabungkan sehingga berbentuk jaringan gabungan dari bermacam-macam topologi yang ada.
    Sebagai ilustrasi, sebuah organisasi/departemen memiliki 3 bagian dimana komputer-komputer pada masing-masing bagian tersebut saling terhubung menggunakan topologi yang berbeda, sebut saja bagian A menggunakan topologi Bus, bagian B menggunakan topologi Star, dan beberapa komputer terhubung langsung ke HUB pusat.
    Apabila kedua jaringan komputer dan beberapa komputer tersebut dibuat menjadi saling terhubung ke dalam satu jaringan yang lebih luas (mencakup ketiganya) menggunakan salah satu jenis topologi (misalkan topologi Star) maka itulah yang dinamakan dengan Topologi Hybrid (Hybrid Topology)
  6. Topologi Ring : Kelebihan topologi ring adalah, jika ada jalur yang putus, maka koneksi tetap bisa berjalan. Karena ibarat cincin kawin, apabila tidak ada gangguan, maka koneksi terhubung semua membentuk suatu circle, yang apabila putus satu ditengah, masih ada jalan lain untuk berkoneksi (menjadi Bus).

    Sekian pembahasan dari topologi ini, doakan saja supaya mata kuliah Jarkom saya bisa lulus. Deg-degan nunggu nilai akhir keluar. Oh iya…ada web yang mengupas cukup banyak tentang Topologi. Saya pakai ini sebagai referensi dan beberapa copy paste. Klik disini untuk membuka.

Advertisements

About Dimas

study at

Posted on June 21, 2011, in Jarkom. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

Pollock of Light

Twitter: @lluisbusse

Slate Agency

Talent Search

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

%d bloggers like this: